Selasa, 24 Juni 2014

Tanggung Jawabku Saat Ini



A.Pengertian Tanggung Jawab
    Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul segala sesuatu atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Saya sebagai seorang mahasiswa memiliki kewajiban belajar dan mendapatkan nilai yang baik. Apabila saya rajin belajar dan mendapat nilai yang sangat baik, berarti saya telah memenuhi kewajiban saya. Begitu sebaliknya, apabila saya malas belajar dan mendapat nilai kurang baik berarti saya belum dapat memenuhi tanggung saya sebagai mahasiswa.

B.Macam-macam Tanggung Jawab
   1.Tanggung jawab terhadap diri sendiri
      Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memnuhi kewajibannya dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri.
      Sebagai contoh, saya sebagai mahasiswa memiliki kewajiban belajar dan mengikuti semua ujian kuliah. Ketika saat pembagian nilai, nilai-nilai ujian saya ternyata baik semua. Dan dari nilai baik semua tersebut saya telah memenuhi tanggung jawab terhadap diri sendiri.

   2.Tanggung jawab terhadap keluarga dan Tuhan
      Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari Orang tua dan anak.
      Sebagai contoh, saya bisa kuliah karena sudah dibiayai oleh orang tua saya, maka tanggung jawab saya sebagai anak yang telah dibiayai oleh orang tua adalah kuliah yang rajin, belajar sungguh-sungguh dan memberikan nilai yang terbaik untuk orang tua saya. Selain itu saya juga memiliki tanggung jawab terhadap tuhan. Karena diagama saya islam, di gama islam diwajibkan untuk belajar. Karena itulah saya bersungguh-sungguh kuliah untuk mendapatkan ilmu yang kelak akan berguna untuk keluarga, masyarakat dan masa depan saya nantinya.

   3.Tanggung jawab terhadap masyarakat dan bangsa/negara
      Tanggung jawab terhadap masyarakat dan bangsa/negara yaitu seperti Hidup menaati hukum, baik aturan universitas dan undang-undang negara, dan bertingkah sesuai norma-norma.

C.Pengabdian dan Pengorbanan
   1.Pengabdian
      Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai wujud kesetian, cinta, kasih sayang, hormat atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.
      Contoh, saya salah satu mahasiswa dari sistem informasi pengabdian saya adalah ingin membuat sebuah software yang dapat berguna untuk semua masyarakat.

   2.Pengorbanan
      Pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.
      Contoh, banyak hal yang telah saya korban sebagai mahasiswa seperti, mengorbankan tenaga, pikiran dan waktu santai untuk belajar agar mendapatkan nilai yang terbaik dalam kuliah saya saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar