Rabu, 23 April 2014

Keindahan Curug Cigumawang

A.Sekelebat info tentang wisata
  Wisata merupakan suatu kegiatan mengisi waktu luang yang paling sering dilakukan pada saat musim liburan. Biasa nya wisata bisa dilakukan dengan keluarga dan teman-teman. Bicara tentang wisata, di daerah Banten banyak sekali tempat wisata yang menyajikan keindahan alamnya seperti pegunungan, pantai dan air terjun atau biasa disebut dengan curug. Dan objek wisata air terjun yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yaitu air terjun Cigumawang yang berlokasi di Desa Kadu Bereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Air terjun Cigumawang ini memiliki ketinggian mencapai kurang lebih 40 meter. Dan untuk mencapai lokasi tidaklah mudah dan tidak terlalu melelahkan karena banyak sekali pesona alamnya yang akan menyejukkan mata karena daerahnya yang masih sangat asri. Oiya biaya untuk masuk ke lokasi sangat murah hanya membayar Rp2500,- untuk perorang.



B.Keindahan
  Kata keindahan berasal dari kata indah yang artinya permai. Keindahan yang terdapat di Curug Cigumawang sangatlah bervariatif. Untuk menuju lokasi Air terjun dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari jalan desa Cigumawang kurang lebih 500 meter. Disepanjang perjalanan menuju air terjun kita akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang membentang, sungai, dan bukit. Selain itu disini masih memiliki udara yang segar karena masih memiliki pepohonan yang begitu lebat. Ketika sesampai di lokasi air terjun maka kita akan disuguhkan pemandang tebing yang menjulang tinggi. Dan fasilitas dilokasi ini sudah cukup memadai karena pengelola sudah menyediakan kamar mandi, mushola, bahkan tempat untuk berkemah, cukup menarikkan bukan wisata dicurug Cigumawang ini. Tidak perlu khawatir untuk berkemah disini karena saya dan teman-teman saya setiap liburan sering berkunjung ditempat ini. Dan para warga sekitarpun begitu sangat ramah, dan apabila kita membawa kendaraan seperti motor, warga bersedia untuk menjaga kendaraan kita walau tidak gratis ya kitapun harus mengerti karena warga sudah mau menjaga kendaraan kita.

C.Nilai Estetik
  Sumber mata air Curug Cigumawang berasal dari Gunung Buntu. Di pusat sumber mata air ini terdapat batu besar yang menutupi sumber air tersebut sehingga membentuk aliran sungai kecil yang mengalir disebelah kanan curug tersebut. Di lokasi curug ini sering digunakan untuk kegiatan panjat tebing, perkemahan dan outbound. Nama Cigumawang dalam bahasa sunda berarti bawang. Konon dahulu sekitar tahun 70 an masyarakat sekitar curug ini jika melihat jatuhan air curug tersebut dengan debit airnya yang masih deras membentuk menyerupai bawang.  Bahkan menurut orang tua disana, jika kalau orang yang berpacaran berkunjung ke Curug ini pasti akan menikah.

D.Keserasian
  Dari semua kegiatan outbond yang bisa dilakukan di curug Cigumawang ini sangatlah menyenangkan, bukan? Dari melihat pemandangan pesawahan, bukit, pepohanan yang lebat bahkan melakukan perkemahan tersebut dapat melepaskan penat. Disamping itu kita dapat melakukan dan memperbaiki teamwork diantara keluarga maupun teman-teman, karena kita tidak mungkin melakukan semuanya hanya sendirian. Jadi kegiatan outbound ditempat alam terbuka sangat cocok untuk dilakukan dimusim liburan.

#sumber : http://jalan2.com/city/banten/curug-cigumawang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar