Selasa, 08 April 2014

Hubungan Manusia dan Kebudayaan Skotlandia

Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat terkait satu sama lain. Kebudayaan merupakan suatu tingkah laku manusia yang menggambarkan suatu kebiasaan dari suatu daerah. Kebudayaan tercipta karena adat istiadat sejak dahulu dan juga kejadian yang sudah ditakdirkan oleh Tuhan.

A. MANUSIA

     Manusia merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa sebagai makhluk yang sempurna dibumi dengan dibekali akal pikiran. Manusia memiliki perbedaan baik secara biologis maupun rohani. Secara biologis umumnya manusia dibedakan secara fisik sedangkan secara rohani manusia dibedakan berdasarkan kepercayaannya atau agama yang dianutnya. Dan manusia sendiri mempunyai satu sifat yang paling tidak bisa dihilang, yaitu bersosial dengan sesama manusia baik sesama jenis maupun lawan jenis. Orang skotlandia adalah salah satu yang orang yang senang bersosial. Di Skotlandia terdapat banyak sekali festival atau perayaan perayaan hari besar dan berpesta. Manusia memiliki 3 kepribadian yang menjadi suatu perilaku manusia yang kompleks, yaitu :

1.ID
   Id adalah merupakan komponen kepribadian yang hadir sejak lahir. Aspek kepribadian sepenuhnya sadar dan termasuk dari perilaku naluriah dan primitif. Id didorong oleh prinsip kesenangan, yang berusaha untuk kepuasan segera dari semua keinginan, keinginan, dan kebutuhan. Jika kebutuhan ini tidak puas langsung, hasilnya adalah kecemasan negara atau ketegangan.

2.Ego
   Ego adalah kepribadian yang bertanggung jawab untuk menangani dengan realitas. Ego bekerja berdasarkan prinsip realitas, yang berusaha untuk memuaskan keinginan id dengan cara-cara yang realistis dan sosial yang sesuai.

3.Superego
   Dan yang terakhir, Superego adalah aspek kepribadian yang menampung semua standar internalisasi moral dan cita-cita yang kita peroleh dari kedua orang tua dan masyarakat – kami rasa benar dan salah.

B.HAKEKAT MANUSIA
     Hakikat manusia adalah peran ataupun fungsi yang harus dijalankan oleh setiap manusia. Kata manusia berasal dari kata “ manu ” dari bahasa Sanksekerta atau “ mens ” dari bahasa Latin yang berarti berpikir, berakal budi, atau bisa juga dikatakan “ homo ” yang juga berasal dari bahasa Latin. Hal yang paling penting dalam membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah dapat dikatakan bahwa manusia dilengkapi dengan akal, pikiran, perasaan dan keyakinan untuk mempertinggi kualitas hidupnya di dunia.

1.Perasaan intelektual
   adalah perasaan yang bersangkutan dengan pikiran dalam menyelesaikan problem-problem yang dihadapi.

2.Perasaan estetis
   adalah perasaan yang menyertai atau yang timbul karena seseorang menghayati sesuatu yang indah atau tidak indah.

3.perasaan etis
   adalah perasaan tentang baik-buruk setiap orang tentu mempunyai ukuran baik-buruk sendiri-sendiri yang bersifat individual.

4.Perasaan diri
   dapat dibedakan jadi 2 macam yaitu perasaan harga diri yang positif dan perasaan harga diri yang negatif. Perasaan harga diri yang positif misalnya perasaan puas, senang, gembira, atau bangga yang dialami oleh seseorang yang mendapatkan penghargaan. Perasaan harga diri yang negatif misalnya perasaan kecewa, tak senang, tak berdaya, kalau seseorang mendapat celaan, dimarahi, mendapatkan hukuman.

5.Perasaan sosial
   adalah perasaan yang mengikatkan individu dengan sesama manusia, perasaan untuk bermasyarakat dengan sesama manusia.

6.Perasaan religi
   adalah perasaan yang bersangkut paut dengan kepercayaan seseorang tentang adanya Tuhan Yang Maha Esa seperti rasa kagum kan kebesaran Tuhan.

C.KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
     Kepribadian bangsa timur dapat diartikan suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi. Kepribadian bangsa timur, kita tinggal di Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur, dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik. Di dunia bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Pada umumnya kepribadian bangsa timur adalah sangat terbuka dan toleran terhadap bangsa lain, tetapi selama masih sesuai dengan norma, etika serta adat istiadat yang ada. Namun walaupun kita sudah tahu banyak tentang kepribadian bangsa Timur kita tidak bisa selalu beranggapan bahwa kebudayaan bangsa Timur lebih baik dari bangsa Barat. Karena semua hal pasti ada sisi positif dan negatifnya. Tidak ada di dunia ini yang sepenuhnya baik. Bangsa timur juga dikatakan sebagai bangsa yang memiliki ragam budaya yang unik, karena bangsa timur memiliki kepercayaan untuk menghormati peninggalan leluhurnya, maka hingga saat ini kita masih menemukan corak budaya di bangsa timur. Hal itu menjadi suatu nilai yang diingat oleh seluruh penjuru dunia jika mereka sedang membicarakan tentang Bangsa Timur.

D.KEBUDAYAAN SKOTLANDIA


Musik merupakan salah satu aspek penting dalam kebudayaan Skotlandia, baik musik tradisional maupun musik modern. Alat musik tradisional asal Skotlandia yang terkenal adalah Great Highland Bagpipe, alat musik tiup yang terdiri dari tiga lubang udara dan sebuah pipa melodi (disebut chanter). Kelompok musik Bagpipe yang memainkan bagpipe dengan diiringi oleh berbagai jenis drum. Clàrsach (kecapi), fiddle (sejenis biola), dan akordeon juga merupakan alat musik tradisional Skotlandia, dua yang terakhir seringkali ditampilkan oleh pemusik tarian country Skotlandia. Sebagai salah satu negara Keltik, kebudayaan Skotlandia telah diikutsertakan dalam berbagai ajang interkeltik, baik di dalam negeri maupun di berbagai penjuru dunia. Skotlandia telah menyelenggarakan beberapa festival musik, termasuk Celtic Connections (Glasgow), dan Hebridean Celtic Festival (Stornoway).

E.UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN

1.Sistem Religi
   Hanya sekitar dua pertiga (67%) warga Skotlandia yang beragama, 65% di antaranya adalah Kristiani. Sebaliknya, 28% penduduk Skotlandia dilaporkan tidak beragama. Sejak Reformasi Skotlandia pada 1560, gereja nasional Skotlandia (Gereja Skotlandia, atau Kirk) adalah Protestan. Sejak 1689, Presbyterian juga telah diberi kebebasan oleh negara. Saat ini, sekitar 12% penduduk Skotlandia merupakan anggota Gereja Skotlandia, dan 40% selebihnya mengaku tertarik untuk bergabung. Gereja mengelola gereja paroki daerah, dengan setiap komunitas di Skotlandia memiliki kongregasi lokal. Terdapat sekitar 19% penduduk Skotlandia yang menganut Katolik Roma, terutama di bagian barat. Setelah Reformasi, Katolik Roma di Skotlandia tetap memiliki pijakan yang kuat di Highland dan di beberapa pulau bagian barat seperti Uist dan Barra, dan semakin kuat pada abad ke-19 setelah masuknya para pendatang dari Irlandia. Dominasi Kristen lainnya di Skotlandia adalah Gereja Bebas Skotlandia, cabang Presbyterian lainnya, dan Gereja Episkopal Skotlandia. Islam adalah agama non kristen terbesar di Skotlandia, dengan jumlah penganut diperkirakan 40.000, atau 0,9% dari jumlah penduduk Skotlandia. Ada juga sejumlah kecil penganut Yahudi, Hindu, dan Sikh, khususnya di Glasgow. Biara Samyé Ling di dekat Eskdalemuir, yang merayakan hari jadinya ke-40 pada tahun 2007, adalah biara Buddha pertama di Eropa Barat.

2.Sistem Organisasi Kemasyarakatan Skotlandia
   Struktur politik Kerajaan secara historis kompleks. Namun demikian, selama keberadaan Kerajaan orang-orang Skotlandia, diakui adanya satu monark, atau Raja Utama. Di bawah suzerainty dari seorang Raja Utama, terdapat para ketua suku dan raja-raja kecil serta jabatan-jabatan yang diisi melalui pemilihan oleh sebuah majelis di bawah suatu sistem yang dikenal sebagai tanistry yang menggabungkan unsure keturunan dengan persetujuan dari mereka yang dipimpin. Sang kandidat biasanya dicalonkan oleh si pemegang jabatan menjelang kematiannya, dan ahli waris yang dipilihnya itu dikenal sebagai tanist, dari Bahasa Gaelik Skotlandia tanaiste. Setelah Macbeth digulingkan oleh Máel Coluim III pada 1057 dan pada masa pemerintahan Raja David I pengaruh para pemukim Norman di Skotlandia menyaksikan pengangkatan putera mahkota sebagai cara suksesi di Skotlandia ini seperti banyak kerajaan lain di Eropa Barat. Maka berkembanglah suatu 'kerajaan hibrida', satu bagian daripadanya diperintah oleh suatu campuran antara pemerintahan feodal dan kebiasaan Kelt. Dewan-dewan awal ini tidak dapat dianggap sebagai 'parlemen' seperti dalam pengertiannya di kemudian hari.

3.Sistem Ekonomi
   Skotlandia menerapkan sistem perekonomian campuran terbuka gaya barat yang sangat terkait dengan Eropa dan seluruh dunia. Secara tradisional, perekonomian Skotlandia didominasi oleh industri berat yang disokong oleh industri galangan kapal di Glasgow, pertambangan batu bara, dan industri baja. Industri minyak bumi yang terdapat di Laut Utara juga telah menjadi sumber perekonomian penting sejak 1970-an, terutama di Skotlandia timurlaut. Pada tahun 2005, total ekspor Skotlandia diperkirakan sebesar £17,5 miliar, dengan 70% (£12,2 miliar) di antaranya berasal dari sektor manufaktur. Ekspor utama Skotlandia adalah wiski, barang elektronik, dan jasa keuangan. Wiski mungkin adalah produk manufaktur Skotlandia yang paling terkenal. Ekspor wiski telah meningkat sebesar 87% dalam beberapa dekade terakhir, yang menyumbangkan lebih £4,25 miliar bagi perekonomian Britania, atau seperempat dari penerimaan makanan dan minuman di negara tersebut.

4.Bahasa
   Bahasa Gaelik Skotlandia juga berhubungan dekat dengan bahasa Manx dan Irlandia dan dibawa ke Skotlandia sekitar abad ke-4 M oleh orang-orang Skotlandia dari Irlandia. Bahasa Gaelik Skotlandia dituturkan di seluruh Skotlandia antara abad ke-9 dan 11, namun mulai mundur ke utara dan barat dari abad ke-11 dst. Seluruh logat bahasa Gaelik Skotlandia secara berkaitan dapat dimengerti, dan bahasa Irlandia tertulis dapat dimengerti dalam tingkat luas.

5.Kesenian
   Di Skotlandia terdapat kebudayaan yang cukup menarik, disana pria pria Skotlandia memakai sebuah rok. Namun, nama yang sebenarnya dari pakaian tersebut adalah Kilt dan Tartan. Kilt adalah pakaian tradisional Skotlandia dan bangsa Keltik yang dikenakan di bagian pinggang dan mengelilingi tubuh pemakai hingga bagian atas kaki di atas lutut. Kilt umumnya terbuat dari wol serta mempunyai corak tartan. Kilt biasanya digunakan bersama dengan jaket, tali pinggang, sporran, dan sepatu khusus yang dibuat hanya untuk dipakai dalam acara tertentu saja. Dan pada umumnya kilt digunakan oleh laki – laki. Selain kilt,  para pria di Skotlandia sangat bangga mengenakan pakaian tradisional yang bernama tartan, tartan adalah pakaian adat khas Skotlandia yang menyerupai rok. Tartan biasanya digunakan pada saat ada kesenian kesenian yang akan ditampilkan seperti tarian. Para penari menampilkan keahliannya dalam menghentakan ayunan kaki sesuai dengan lantunan irama musik yang di mainkan dengan ritme yang menghentak sesuai dengan irama musik khas dari Negara Skotlandia. Dan biasa nya para pria di Skotlandia memakai pakaian kilt dan tartan ini ketika sedang memainkan sebuah alat musik tradisional yang bernama Great Highland Bagpipe, alat musik tiup yang terbuat dari kantung yang menggunakan kulit dan terdiri dari tiga lubang udara dan sebuah pipa melodi. Kilt dang bagpipe biasa digunakan saat Celtic festival dan tradisi Celtic juga umum, seperti juga perayaan keagamaan dan ritual. St Andrews Hari (Saint Pelindung Skotlandia) adalah perayaan lain waktu musim dingin dan berlangsung pada tanggal 30 November. Dan cara memainkan alat musik ini dengan cara kantung pada bagpipe ditiup hingga membesar. Kemudian kantung bagpipe ditekan agar udara keluar melalui tiga pipa tersebut sehingga akan menghasilkan nada.

F.WUJUD KEBUYAAN

1.Kompleks Aktivitas
   Bangsa Skotlandia adalah bangsa yang senang bersosial dan beraktifitas. Karena di Skotlandia mempunyai banyak sekali festival-festival dan perayaan hari besar yang meriah. Bahkan ada salah satu festival di Skotlandia yang diselanggarakan 3 hari berturut-turut selama 24 jam.

2.Wujud Sebagai Benda
   Untuk menyelenggarakan festival atau perayaan hari besar, bangsa Skotlandia selalu memeriahkan festival dengan musik tradisional. Dan alat musik yang wajib digunakan yaitu Great Highland Bagpipe, alat musik tiup yang terdiri dari tiga lubang udara dan sebuah pipa melodi.

G.ORIENTASI NILAI BUDAYA
     Inti kebudayaan setiap masyarakat adalah sistem nilai yang dianut oleh masyarakat pendukung kebudayaan. Sistem nilai tersebut mencakup konsep-konsep abstraks tentang apa yang dianggap buruk, dan apa yang dianggap baik. Oleh karena itu dikenal pembedaan antara nilai-nilai yang positif dan negatif. Kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat terutama dalam menangani lingkungan alam. Bermacam-macam tantangan dan kekuatan yang harus dihadapi masyarakat dan anggotanya salah satunya adalah  kekuatan alam.

H.PERUBAHAN BUDAYA
     Perubahan kebudayaan adalah suatu keadaan dalam masyarakat yang terjadi karena ketidak sesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan. Namun yang terjadi saat ini bangsa Skotlandia masih kental akan budaya yang telah diturunkan oleh leluhurnya. Dan hal tersebut di Skotlandia dijadikan sebuah hari besar atau festival, untuk menghormati karya leluhur sekaligus melestarikan kebudayaan nya.

I.KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
     Manusia dan kebudayaan pada hakekatnya memiliki hubungan yang sangat erat, dan hampir semua tindakan dari seorang manusia itu adalah merupakan kebudayaan.
Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai:
  • Penganut kebudayaan,
  • Pembawa kebudayaan,
  • Manipulator kebudayaan, dan
  • Pencipta kebudayaan.
Disamping itu, kebudayaan manusia itu menciptakan suatu keindahan yang biasa kita sebut dengan suatu seni. Keindahan atau seni dibutuhkan oleh setiap manusia agar kehidupan yang dijalaninya menjadi lebih indah. Manusia dan keindahan atau seni memang tidak bisa dipisahkan sehingga diperlukan pelestarian bentuk keindahan yang dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian yang nantinya menjadi bagian dari kebudayaannya yang dapat dibanggakan.

Referensi :
http://www.scotland.org/ 
http://id.wikipedia.org/wiki/Skotlandia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar